Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

How to be a REAL entrepreneur : Menghadapi Persaingan sebagai Entrepreneur



           Berbicara tentang seorang entrepreneur (pengusaha), kita tidak akan pernah bisa lepas dari sebuah kata yaitu “USAHA”. Menurut Robert D Hisrich & Michael P. Peter (2005), entrepreneurship adalah


“Proses penciptaan sesuatu yang baru atau pemberian nilai baru dengan menggunakan waktu dan upaya yang diperlukan, menanggung resiko keuangan, fisik, serta resiko sosial yang mengiringi, menerima imbalan moneter yang dihasilkan, serta kepuasan dan kebebasan pribadi. Tercakup didalamnya adalah metode menstimulasi individu di dalam organisasi yang mempunyai pemikiran bahwa dia dapat melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dan dengan hasil yang lebih baik.”

           Menjadi seorang pengusaha (entrepreneur) tidaklah semudah yang ada di dalam pikiran kita. Banyak faktor yang sangat harus diperhatikan, diwaspadai dan dilaksanakan. Sebagian orang yang masih belum paham tentang konsep kewirausahaan yang sebenarnya berpikir bahwa syarat untuk menjadi seorang pengusaha hanya membutuhkan beberapa hal yakni:

1.   Modal yang berupa uang/harta berharga lainnya (untuk menunjang kemajuan dan keberlangsungan usaha)
2.     Waktu (untuk fokus pada usaha yang dijalankan)
3.     Passion of business/hasrat dalam menjalankan bisnis
4.     Marketing technical yang tepat (termasuk di dalamnya promosi produk)
5.     Produktivitas diri sendiri maupun sumber daya manusia yang dipekerjakan

        Semua itu memang benar adanya. Tapi kita harus sadar bahwa syarat-syarat di atas hanyalah syarat DASAR untuk menjadi seorang entrepreneur (pengusaha).
Untuk bisa mengembangkan diri menjadi seorang real entrepreneur dalam menghadapi besar dan kerasnya persaingan dalam dunia usaha, kita masih harus memperhatikan beberapa hal yang sangat PENTING ini  :

1.     Ide yang kreatif dan inovatif

Ide yang inovatif dan kreatif dari seorang pengusaha beserta timnya tidak hanya untuk memperkaya produk usahanya tetapi yang terpenting adalah untuk mempertahankan eksistensi dan kestabilan usaha serta meningkatkan kemajuan usahanya. Ide ini dapat berupa diversifikasi produk maupun inovasi produk. Beberapa contoh ide kreatif yang dapat saya berikan sebagai berikut :
-  membuat mainan anak-anak yang tidak hanya berfungsi sebagai hiburan semata, tetapi juga mendidik moral dan intelektual mereka.
-  pemberian nama produk usaha dengan cara yang unik dan berbeda misal SNACK RASA AYAM TERBANG (akan menarik minat calon pembeli melalui nama rasa yang kedengaran unik dan berbeda pada umumnya)
-  membuat produk susu dalam kemasan dot sekali pakai untuk batita maupun balita karena kemasan dot sekali pakai dapat berfungsi sangat praktis untuk diminum dimana dan kapan saja.
-  membuat hasil kerajinan tangan seperti tas, dompet, kotak perlengkapan, dll yang mengambil corak/desain unik dari setiap daerah yang digabungkan menjadi satu.
- membuat produk perlengkapan remaja yang bercorakkan desain batik Indonesia yang dipadukan dengan desain modern sehingga remaja Indonesia bisa belajar untuk mencintai batik melalui desain produk yang dinamis dan unik.

2.     Komitmen total, determinasi untuk maju dan kepercayaan diri

Real entrepreneur pastinya akan punya hati dan komitmen yang kuat dan tak tergoyahkan serta kepercayaan diri yang tinggi untuk bisa maju bersama dengan apa yang telah ia rencanakan matang sebelumnya (business plan) untuk bisa membuat sebuah keputusan yang terbaik.

3.     Dorongan kuat untuk mau berprestasi

Real entrepreneur akan berusaha untuk mendorong dirinya bahkan orang di sekitarnya agar bisa mencetak sebuah prestasi meskipun hanya prestasi yang sederhana pada awalnya karena prestasi merupakan wujud/hasil pencapaian yang maksimal dari sebuah usaha yang telah dilakukan.

4.     Berorientasi pada kesempatan dan tujuan

Real entrepreneur akan selalu mencari dan melihat setiap waktu sebagai sebuah kesempatan untuk bisa terus maju langkah demi langkah untuk mencapai tujuan dari usaha mereka.

5.     Inisiatif dan tanggung jawab

Real entrepreneur adalah seorang pribadi yang tentunya akan BERANI melaksanakan apa yang telah ia pikirkan dengan matang tanpa harus ada arahan yang berarti (mandiri/bergerak sendiri) dan bertanggung jawab atas setiap keputusan dan usaha yang telah dilaksanakan di masa lalu dan untuk masa yang akan datang.

6.     Kesuksesan datang dari perjuangan dan kerja keras

Real entrepreneur tidak akan pernah percaya bahwa setiap keberhasilan dalam hidup ditentukan dan dipengaruhi oleh “takdir”, “nasib”, maupun ”keberuntungan”. Mereka hanya percaya pada diri mereka sendiri karena mereka telah membuat mindset untuk menjadi seorang real entrepreneur. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berhasil dan berlangsung sangat lama tidak datang dengan sendirinya (dengan cara instan) tetapi dengan usaha dan perjuangan yang keras.

7.     Toleransi terhadap kegagalan

Setiap hal dalam hidup tidak akan selalu berjalan dengan mulus. Pasti akan ada halangan maupun rintangan yang menghadang dan terkadang melemahkan kekuatan kita. Demikian halnya dengan dunia bisnis/usaha, akan ada fase dimana kita pasti menghadapi rintangan itu dan membuat kita gagal dalam menjalankan bisnis kita. Seorang real entrepreneur akan selalu berusaha untuk menjadi orang yang toleran terhadap kegagalan, menerima kegagalan itu lalu bangkit dengan menjadikannya bahan perbaikan agar bisa lebih baik lagi ke depannya.

8.     Pengambilan resiko dan visi yang terarah

Setiap real entrepreneur pastinya akan membuat rencana, keputusan dan usaha. Tentunya mereka sudah memikirkan dengan matang resiko apa yang akan ditimbulkan dari pada setiap keputusan dan usaha yang dibuat. Jikalau harus menerima resiko yang terburuk sekalipun, seorang real entrepreneur akan tetap berjalan maju terus ke depan dengan visi terarah dan kuat yang telah dimilikinya dari awal perjalanan usahanya. Karena setiap resiko buruk menurutnya adalah hal yang wajar dalam hidup termasuk dalam dunia bisnis dan resiko buruk dapat mengajarkan kita menjadi individu yang peka terhadap situasi dan kondisi.

9.     Integritas dan reliabilitas

Setiap individu yang sukses di bidangnya pastinya punya integritas hidup yang baik dan kuat karena integritas yang kuat akan menunjukkan wujud perilaku yang kuat juga dalam hidupnya. Dalam dunia bisnis, integritas dapat berarti cara seorang entrepreneur menjalankan usahanya dengan jujur, gigih, ulet dan bersaing secara sehat. Hal ini dapat memperluas ruang lingkup bisnisnya karena kepercayaan tinggi yang diberikan oleh  rekan bisnisnya. Hal ini yang akan membuat seorang entrepreneur tidak hanya dapat bertahan lama tetapi juga berkembang dan berkibar di bidangnya.

10. Tidak cepat puas

Salah satu penyebab kegagalan adalah cepat puas. Seorang real entrepreneur akan menjadi sosok yang tidak cepat puas dengan hasil yang telah dicapainya. Ia akan terus mengembangkan usaha dan dirinya. Salah satu caranya adalah dengan belajar dari buku yang berisi ilmu pengetahuan tentang bisnis maupun orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang bisnis sebelumnya. Dengan menyerap banyak ilmu tentang bisnis dan mempelajari pengalaman orang terdahulu akan semakin mendorong ia untuk berkembang ke arah yang lebih baik.


           Jikalau kita bisa memiliki semua hal itu, kita akan menjadi seorang entrepreneur sejati yang dapat bertahan dan tetap berkibar dalam persaingan dunia kewirausahaan yang mencakup ruang lingkup yang begitu luas dan besar ini. Dimana menurut Suryana (2003:10) menerangkan bahwa istilah kewirausahaan dari terjemahan entrepreneurship, yang dapat diartikan sebagai the backbone of economy’, yaitu syaraf pusat perekonomian atau sebagai tailbone of economy’, yaitu pengendali perekonomian suatu bangsa (Suharto Wirakusumo, 1997:1). Apabila sistem dan praktik kewiraushaan di negara kita berjalan dengan baik dan stabil, maka perekonomian bangsa pun akan ikut terpengaruh dampak yang positif. Tidak hanya itu, dengan kewirausahaan yang maju, kita dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lapangan kerja yang lebih luas. Dan satu hal yang tidak kalah penting adalah kita juga akan bisa memberikan motivasi dan menjadi wujud inspirasi positif bagi orang-orang yang ingin mengikuti jejak keberhasilan kita. 

           Untuk lebih bisa memahami lagi bagaimana sebenarnya dunia entrepreneurship itu, kita bisa membuka website www.ciputraentrepreneurship.com yang berisikan banyak informasi dan pembahasan sosok entrepreneur yang bisa dijadikan motivasi dan inspirasi dalam memulai dan menjalani dunia kewirausahaan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar